Kamis, 17 Mei 2018

TAHAP-TAHAP PERKEMNANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH (SMP/MTS)

TUGAS 8
SABTU, 11 MEI 2018

NAMA: BAIQ HERNAWATI
NIM: E1B017009
NO.HP: 085238957116
E-MAIL: baiq.hernawati288@gmail.com
BLOG: baiqhernawati.blogspot.co.id


      TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA SEKOLAH MENENGAH (SMP/MTS)
         Perkembangan siswa dapat digambarkan dalam tiga periode (semiawan, 2001), yaitu periode progresif (usia 0-20 tahun), stabil (21-65 tahun), dan regresif (umur 66-80 tahun). Siswa SMP berkisar pada usia 12-15 tahun yang dalam periodesasi tersebut termasuk pada periode progresif. Periode ini ditandai peningkatan dan kemajuan (progress) dalam berbagai kemampuan.
1.Tahap perkembangan peserta didik pada periode progresif
          Anak lebih dominan dorongan untuk tumbuh dan berkembangan (self generated) dibandingkan dengan dorongan untuk bertahan (self sustaining). Anak dalam periode ini ditandai dengan perkembangan fisik yang begitu cepat, kematangan emosional, intelektual, sosial, maupun perkembangan bakat dan kreativitas.
    Sarwono  seorang ahli mengatakan bahwa dalam proses penyesuaian diri menuju kedewasaan, ada tiga tahap perkembangan remaja yaitu:
-Remaja awal (10-12 tahun)
-Remaja madya (13-15 tahun)
-Remaja akhir (16-19 tahun)
      Perkembangan tahapan peserta didik pada masa usia sekolah menengah pertama (SMP) saya mengambil dua tahapan yaitu tahap remaja awal (10-12 thn) dan tahap remaja madya (13-15 thn).
-Tahap remaja awal (10-12 tahun)
     Ciri-Cirinya:
  -tampak dan memang merasa lebih dekat dengan teman sebaya.
  -tampak dan merasa ingin bebas.
  -tampak dan memang lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya dan mulai berfikir dan khayal (abstrak).
-Tahap remaja madya/tengah (13-15 tahun)
     Ciri-Cirinya:
  -tampak dan merasa ingin mencari identitas diri.
  -adanya keinginan untuk berkencan atau tertarik pada lawan jenis.
  -timbul perasaan cinta yang mendalam.
2.Tahap perkembangan peserta didik secara fisik
          Secara fisik terkait dengan perubahan hormonal dan perubahan tubuh. Perubahan ini lebih awal pada perempuan dari pada laki-laki. Tiga ciri perubahan tubuh yang paling menonjol pada perempuan adalah: (1) pertambahan tinggi badan yang cepat, (2) menarche, pertumbuhan buah dada, (3) pertumbuhan rambut kemaluan. Tiga perubahan tubuh yang paling menonjol pada laki-laki adalah: (1) pertambahan tinggi badan yang cepat, (2) pertumbuhan penis, pertumbuhan testis, dan (3) pertumbuhan rambut kemaluan.
3.Tahap perkembangan peserta didik dilihat dari perkembangan sosial dan emosional
          Secara rinci perkembangan sosial dan emosional dapat dijelaskan sebagai berikut:
-pada masa ini perasaan remaja sangat peka, remaja mengalami badai dan topan dalam kehidupan perasaan dan emosinya.
-perkembangan sikap dan moral yang menonjol terutama menjelang akhir masa remaja . Organ-organ seks yang telah matang menyebabkan remaja mendekati lawan seks.
-konflik orang tua remaja masa awal remaja adalah suatu periode ketika konflik dengan orang tua meningkat . Peningkatan ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor: perubahan biologis  pubertas, kognitif, peningkatan idealisme dan penalaran logis, perubahan sosial yang berfokus pada kemandirian dan identitas, perubahaan  kebijaksanaan pada orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar