Senin, 16 April 2018

KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN BEDASARKAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DO SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH

                                                                         TUGAS KELIMA
                                                                  SABTU, 14  APRIL  2018

NAMA: BAIQ HERNAWATI
NIM: E1B017009
NO.Hp: 085238957116                                             E-MAIL: baiq.hernawati288@gmail.com
BLOG: baiqhernawati.blogspot.co.id

KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA  DIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH
 
A.Pengertian Perkembangan Peserta Didik Pada Usia Sekolah Menengah
            Tugas perkemangan merupakanan  suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya, sementara apabila gagal maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat dan kesulitan dalam menuntaskan tugas berikutnya. Tugas-tugas perkembangan ini berkaitan erat dengan perubahan kematangan, persekolahan, pekerjaan, pengalaman beragama dan hal lainnya sebagai prasyarat untuk pemenuhan dan kebahagiaan hidup.
B.Sumber Tugas Perkembangan
            Munculnya tugas-tugas perkembangan, bersmber pada faktor-faktor berikut:
a.Kematangan fisik, misalnya;
  -belajar berjalan karena kematangan otot-otot kaki,
  -belajar bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang berbeda pada masa remaja karena   kematangan organ-organ seksual.
b.Tuntutan masyarakat secara kultural, misalnya;
   -belajar membaca,
   -belajar menulis,
   -belajar berhitung,
   -belajar berorganisasi.
c.Tuntutan dari dorongan dan cita-cita individu sendiri, misalnya;
   -memilih pekerjaan,
   -memilih teman hidup.
d.Tuntutan norma agama, misalnya;
  -Taat beribadah kepada Allah SWT,
  -Berbuat baik pada sesama manusia.
B.Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik
  1.Memperoleh hubungan-hubungan baru dan lebih matang dengan yang sebaya dari kedua jenis kelamin.
  2.Memperoleh peranan sosial dengan jenis kelamin individu.
  3.Menerima fisik dari dan menggunakan badan secara efektif.
  4.Memperoleh kebebasan diri melepaskan ketergantungan diri dari orang tua dan orang dewsa lainnya.
  5.Melakukan pemilihan dan persiapan untuk jabatan.
  6.Memperoleh kebebasan ekonomi.
  7.Persiapan perkawinan dan kehidupan berkeluarga.
  8.Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan sebagai warga negara yang baik.
  9.Memupuk dan memperoleh prilaku yang dapat dipertanggung jawabkan secara sosial.
 10.Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai pedoman berprilaku.
C.Implikasi Tugas Perkembangan Peserta Didik Pada Usia Sekolah Menengah
       Implikasi tugas-tugas perkembangan peserta didik pada usia sekolah menengah dalam penyelenggaraan  pendidikan  memperhatikan banyaknya faktor kehidupan yang berada di lingkungan remaja, maka pemikiran tentang penyelenggaraan pendidikan juga harus memperhatikan faktor-faktor tersebut.  Sekalipun dalam penyelenggaraan pendidikan diakui bahwa tidak mungkin memenuhi tuntutan dan harapan seluruh faktor yang berlaku tersebut.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar