Selasa, 17 April 2018

tugas kelompok

 NO
DIPENGARUHI
TINGKAT SD/MI
TINGKAT SMP/MTS
TINGKAT SMA/MA
KETERANGAN
1.
























2.
KELUARGA
























SOSIAL


Peran keluarga dalam usia anak SD  lebih mengacu dalam membentuk perilaku dan kepribadian anak, dalam seusia ini anak lebih mencontoh/ meniru apa yang orang tuanya lakukan dari keluarga inilah baik dan buruknya perilaku dan kepribadian anak terbentuk karena keluarga merupakan aspek pertama dalam mempengaruhi perkembangan anak.








  Perkembangan sosial pada tingkat SD di tandai dengan adanya perluasan hubungan menyesuaikan dirinya dengan teman, lingkungan, dan masyarakat sekitar.







  Pada usia SMP adalah dimana terjadi pergolakan emosi. Keluarga biasanya menjauhkan si anak dari perbuatan buruk atau pergaulan lingkungan yang buruk dengan menanamkan rasa disiplin, mencurahkan kasih sayang, memberikan pengawasan, dan perlindungan anak agar tidak mudah terpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya yang dapat mengubah pribadi anak kearah yang negatif. Bertambahnya mental anak bisa menuju ke positif maupun negatif.



   Anak SMP sudah mulai berbaur dengan masyarakat dimana ia tinggal, mereka dituntut untuk mempunyai perilaku sosial yang bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-harinya, artinya sudah mampu untuk ikut aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, menunjukkan perhatian pada masalah sosial yang terjadi dan dapat berlaku sesuai norma dan mampu beradaptasi dengan lingkungan.
  Peran keluarga harus lebih memerhatikan dan lebih tegas agar anak tidak terjerumus dalam hal-hal yang bersifat negatif, jangan terlalu mengekang si anak. Jadi dalam bergaul dia tetap bisa membawa norma-norma dari keluarganya.















  Usia anak SMA terjadi perkembangan sosial yaitu kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik baik menyangkut sifat pribadi, minat, dan nilai-nilai maupun perasaannya. Pemahaman ini mendorong mereka untuk menjalin hubungan sosial yang lebih akrab dengan orang lain, baik melalui jalinan persahabatan maupun percintaan. Ia lebih memilih teman yang memiliki   kualiatas yang sama dengan dirinya menyangkut sikap nilai dan pribadi.

TUGAS KELOMPOK                                                            NAMA KELOMPOK:1.  ASRI FITRIANI
SELASA, 10 APRIL 2018                                                                                        2. BAIQ HERNAWATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar