Minggu, 08 April 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN (SMA/MA SMK/MAK )

TUGAS KEEMPAT
SABTU, 07 APRIL 2018
NAMA: BAIQ HERNAWATI
NIM: E1B017009
NO.HP: 085238957116
E-MAIL:baiq.hernawati@gmail.com
BLOG: baiqhernawati.blogspot.co.id

      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik di Satuan Pendidikan Menengah
                                                                   (SMA/MA/SMK/MAK)
       Perkembangan peserta didik ditingkat SMA merupakan perkembangan yang tidak jelas, mengapa karena berada pada masa transisi atau masa anak-anak menuju masa dewasa. Dimasa ini mereka tidak mau dikatakan sebagai anak-anak tapi mereka belum pantas disebut dewasa karena mereka belum siap.
  1.Perkembangan fisik
           Diusia SMA pertumbuhan fisik terjadi sangat pesat.  Tidak hanya pada anggota tubuh tertentu saja tetapi perkembangan seksualitas juga, ada dua ciri seks yaitu seks primer dan seks skunder.
  2.Perkembangan sosial
           Pada usia SMA perkembangan sosial tumbuh dipengaruhi oleh apa yang dilihatnya setiap hari mereka menilai orang yang unik, baik dan juga melihat sifat pribadi. Ini yang mendorong mereka untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain terutama teman sebayanya, pada masa ini juga mereka cenderung mengikuti orang lain. Karakteristik penyesuaian anak SMA di tiga lingkungan yaitu:
  1.Lingkungan keluarga
      a. Menjalin hubungan yang baik dengan keluarga.
      b. Menerima otoritas orang tua.
      c. Menerima tanggung jawab dan batasan-batasan keluarga.
      d. Berusaha untuk membantu keluarga sebagai individu maupun kelompok dalam mencapai tujuan.
  2.Lingkungan sekolah
      a. Bersikap respek dan mau menerima peraturan sekolah.
     b. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
     c. Menjalin persahabatan dengan teman-teman disekolah.
     d. Bersikap hormat terhadap guru.
     e. Membantu sekolah dalam merealisasikan tujuan-tujuannya.
  3.Lingkungan masyarakat
     a. Mengakui dan respek terhadap hak-hak orang lain.
     b. Memelihara jalinan persahabatan dengan orang lain.
     c. Bersikap simpati terhadap kesejahteraan orang lain.
     d. Bersikap respek terhadap nilai-nilai, hukum, dan kebijakan-kebijakan masyarakat.
  3. Perkembangan aspek psikomotorik
             Psikomotoik ini berkaitan dengan keterampilan motorik tubuh dan tindakan pserta didik.
Di tingkat SMA ada mata pekerjaan yang banyak berhubungan dengan psikomotorik yaitu pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan , seni budaya, kimia, biologi, dan keterampilan. Dengan kata lain kegiatan belajar yang banyak berhuungan dengan psikomotorik adalah praktik di lapangan dan praktik laboratorium. Peserta didik pada masa SMA sangat mdah terpengarh oleh tingkah laku seseorang, temen,keluarga, dan lingkungan jadi pada masa ini peserta didik harus bener-bener diawasi baik di sekolah maupun di rumah, mereka harus di berikan pelajaran yang berkaitan denga tingkah laku seperti pelajaran agama bimbingan dari guru dan orag tua, lingkngan juga sangat berpengaruh jadi orang tua harus dapat memilih lingkungan yang baik bagi anaknya. Karena pada masa ini anak masih belum dapat menerima apa yang dikatakan oleh orang tua dan gurunya apabila cara memberi tahunya salah sebagai guru dan orang tua harus memberi tahu dengan sedikit halus dan sabar agar mereka apa yang di beritahu,pada masa ini anak sangat rentan terjadi perselisihan baik dengan teman, keluarga bahkan tidak jarang peserta didik berselisih dengan gurunya mengapa demikian karena pada masa ini mereka sedang mencari jati dirinya mereka ingin memperkenalkan bahwa saya paling benar dan hebat meskipun yang diakukan salah. Disinilah peran guru dan orang tua dalam mendidik anak didik mereka karena pada masa transisi ini mereka hanya tau dirinya benar, guru dan orang tua harus ekstra dalam mendidik anak didik mereka demi menjadikan mereka manusia yang berahlak, berilmu dan beriman demi apa yang mereka cita-citakan dan mereka impikan dapat tercapaidan juga sebagai penerus bangsa ini, jadi guru dan orang tua harus member contoh yang baik kepada anak mereka dan mendidik mereka sepenuh hati.perubahan fisik  yang terjadi pada anak SMA merupakan gejala umum perubahan fisik bukan hanya bertambahnya ukran tubuh dan berubahnya proporsi tubuh tetapi juga meliputi terdapat pada kelimin primer dan sekunder, ini terjadi karena faktor keluarga , gizi, emosi, jenis kelamin dan kesehatan .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar