Jumat, 30 Maret 2018

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik

TUGAS TIGA
                         SELASA, 27 MARET  2018
                                                             
NAMA: BAIQ HERNAWATI
             NIM: E1B017009
  No.Hp: 085238957116
                                                                                          E-mail:  HYPERLINK "mailto:baiq.hernawati288@gmail.com" baiq.hernawati288@gmail.com
                                                                                              Blog: baiqhernawati.blogspot.co.id

                                Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
            Pertumbuhan dan perkembangan manusia dipengaruhi oleh pengaruh genetik dan lingkungan. Agaknya memang perlu menguji dampak positif dan negatif dari faktor-faktor berikut ini bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada umumnya. Pertama, faktor warisan genetik dan bagaimana faktor-faktor ini berinteraksi dengan lingkungan pengaruh. Kedua, faktor sosial-ekonomi, termasuk pengaruh pendapatan, perumahan, gizi, pendidikan dan akses ke layanan kesehatan. Ketiga, faktor pengaruh lingkungan global dan lokal, misalnya dampak pencemaran sehingga mengganggu kesehatan.
         Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia dapat dirangkum    seperti berikut ini:
           - Etnis dan agama
         - Warisan genetik
         - Hubungan keluarga
        - Pengalaman pendidikan
        - Kondisi perumahan, dll.
     Berbeda tempat penekanan dalam mengkaji dampak faktor-faktor itu bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Beberapa teori antara lain:
                   Teori                                                                                                          Ahli
  -Genetik dan biologis dan proses perkembangan                                Gesell
  -Pengalaman awal dan tahap-tahap perkembangan                              Freud dan Eriksson
  -Lingkungan dan menyangkal pentingnya tahapan                              Skinner dan Bandura
  - Interaksi antara pengaruh sosial atau kontruktivisme sosial             Vygotsky
  -Tahap perkembangan dan lingkungan                                                    Piaget
         Salah satu faktor rendahnya mutu lulusan adalah belum efektifnya proses proses pembelajaran. Proses pembelajaran selama ini masih terlalu berorientasi terhadap penguasaan teori dan hafalan dalam semua bidang studi yang menyebabkan kemampuan belajar peserta didikmenjadi terhambat. Metode pembelajaran yang terlalu berorientasi pada guru cenderung mengabaikan hak-hak dan kebutuhan, serta pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan menjadi kurang optimal.
    Pada kelas SD awal cukup tinggi. Kondisi ini menunjukkan bahwa kesiapan memasuki SD masih rendah. Walaupun menunjukkan  kecenderungan yang makin rendah siswa/I SD/MI dan siswa/I SMP/MTS putus sekolah. Makin tinggi jenjang pendidikan makin tinggi angka putus sekolah, sehingga makin rendah angka efisiensi pengelolaan pendidikan. Dilihat dari perspektif gender, angka putus sekolah anak laki-laki memiliki kecenderungan lebih tinggi dibandingkan dengan anak perempuan.
     Faktor yang turut berpengaruh terhadap rendahnya efisiensi pendidikan adalah rendahnya kemampuan pengelolaan berbagai masukan pendidikan baik dalam menjalankan proses pembelajaran maupun dalam pengelolaan pendidikan secara keseluruhan, baik pada tingkat satuan pendidikan maupun pada pengelolaan pendidikan yang ada diatasnya. Hal ini dilihat dari lemahnya fungsi supervisi pendidikan, baik yang dilakukan oleh tenaga fungsional seperti pengawas sekolah untuk tingkat SD atau pengawas bidang studi untuk tingkat SMP dan SMA/SMK, maupun supervisi oleh kepala sekolah sebagai manager sekolah. Kelemahan pada aspek perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar tidak termonitoring secara efektif oleh para supervisor, sehingga kelemhan-kelemahan pada proses pembelajaran tidak dapat teridentifikasi secara akurat. Pendidikan yang semula menjadi kewenangan pemerintah pusat kemudian dialihkan menjadi kewenangan pemerintah daerah. Pengelolaan pendidikan yang menjadi wewenang pemerintah daerah ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen pendidikan, sehingga diharapkan dapat memperbaiki kinerja pendidikan national. Atas dasar permasalahan tersebut, perluasan dan pemerataan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat harus ditempatkan pada prioritas tertinggi dalam pembangunan pendidikan. Mutu dan relevansi pendidikan tercermin dari kemampuan membentuk kecakapan lulusan agar dapat menjadi pekerja produktif dengan upah lebih tinggi. Kesempatan pendidikan keahlian, keterampilan dan profesi harus besar dan merata dikaitkan dengan sentra-sentra pengembangan ekonomi industri, pendayagunaan iptek, dan peningkatan kecakapan hidup yang sesuai dengan prinsip belajar sepanjang hayat.



1 komentar:

  1. No Deposit Bonus ᐈ 20+ Online Casinos That Accept
    Best No Deposit Bonus Codes in Nigeria - December 2021 — You can't withdraw money 온카지노 사이트 from your favourite casino without a no deposit bonus or deposit bonus code. You have to

    BalasHapus